Teknik Membatik



Bembatik  merupakan salah satu dari beragam kebudayaan kerajinan bernilai seni tinggi di yang dimiliki bangsa Indonesia.

Bahkan dunia tidak meraguakan tentang kebudayaan kerajinan batik yang merupakan  kebudayaan asli milik bangsa Indonesia, hal ini dipertegas oleh UNESCO (lembaga di bawah PBB) dengan meresmikan Batik sebagai ikon budaya bangsa yang memiliki keunikan serta simbol dan filosofi yang mendalam mencakup siklus kehidupan manusia pada tanggal 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.Sesuai dengan perkembangan zaman, saat ini dikenal beberapa teknik membatik antara lain sebagai berikut.

Batik Celup Ikat

 

Bentuk Celup Ikat
Adalah pembuatan batik  ini  tidak  menggunakan malam sebagai bahan penghalang. Akan tetapi  dalam pembuatn batinkya menggunakan tali untuk menghalangi masuknya warna ke dalam serat kain.
Batik tulis, adalah batik yang dibuat dengan cara memberikan malam dengan menggunakan canting pada motif yang telah digambar pada kain.

Batik cap

Batik Cap

 

Adalah batik yang dibuat menggunakan alat cap (stempel yang umumnya terbuat dari tembaga) sebagai alat untuk membuat motif sehingga kain tidak perlu digambar terlebih dahulu.

Batik Lukis

 

Batik Lukis

 

Adalah batik yang dibuat dengan cara melukis. Pada teknik ini seniman bebas menggunakan alat untuk mendapatkan efek-efek tertentu. Seniman batik lukis yang terkenal di Indonesia antara lain Amri Yahya.

Batik Modern

Batik Modern

 

Adalah batik yang cara pembuatannya bebas, tidak terikat oleh aturan teknik yang ada. Hal tersebut termasuk pemilihan motif dan warna. Oleh karena itu pada hasil akhirnya tidak ada motif, bentuk komposisi, dan pewarnaan yang sama disetiap produknya.

Batik Printing

Batik Printing

 

 

Adalah kain yang motifnya seperti batik. Proses pembuatan batik ini tidak menggunakan teknik batik, tetapi dengan teknik sablon (screen printing). Jenis kain ini banyak dipakai untuk kain seragam sekolah.
Proses Pembuatan Batik
Batik dalam proses pembuatannya adalah dengan cara menambah lapisan malam dan kemudian diproses dengan cara tertentu. Dalam pembuatannya secara umum dibagi menjadi dua tahap yakni.

Itulah beberapa teknik yang digunakan dal pembuatan batik yang ada di Indonesia, semoga bermanfaat  untuk  semua, selanjutnya kita akan membahas tentang apa saja bahan dan alat yang digunakan untuk pembuatan batik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motif Batik Nusa Tenggara Timur Indonesia Punya

Motif Batik Maluku Indonesia Punya

Alat Dalam Membuat Batik