Alat Dalam Membuat Batik

Setelah kita mengetahui bahan alam apa saja yang bisa dijadikan peewarna alami pada kain bati selanjutnya kita akan mencari tahu, apa saja alat yang umumnya digunakan sebagai penfukung pembuatan batik.

Bandul Penahan 

 

Bandul
Alat  yang  pertama dibutuhkan dalam membuat batik adalah bandul penahan, apa sih bandul penahan itu sobat?, bandul penahan merupakan alat yang terbuat dari timah, batu atau kayu yang di letakan disaku, sobat itu berfungsi menahan kain putih dimana batik sedang dibuat agar tidak bergerak ditiup angin.

Dingklik

Dingklik

 

Alat ini merupakan alat yang memiliki fungsi sebagai tempat duduk dalam proses pembuatan batik.

Gawangan

Gawangan

 

Gawangan merupakan alat yang terbuat dari kayu atau bambu yang bergerak dan kuat, dalam hal ini berfungsi sebagai penggantung atau pembentang kain ketika akan membatik.

Wajan

 

Wajan Untuk Peembuatan Batik

 

Wajan ini berguna untuk  tempat mencairkan lilin, wajan yang digunakan umumnya terbuat dari baja atau tanah liat, sobat disarankan agar wajan yang digunakan menggunakan pemegan agar saat mengangkat lebih mudah ketika akan menurunkan dari kompor.  oleh karena itu sobat wajan yang digunakan sebaiknya mengunaka bahan berasal dari tanah liat karena pegangannya tidak mudah panas.

Kompor

 
Kompor

Kompor atau anglo ini merupakan alat yang digunakan untuk mencairkan malam. kompor terbuat dari besi dimana sumbu diberika, jika menggunakan anglo, maka sobat, bahan untuk membuat apinya adalah kayu.

Kipas

Kipas

 

Kipas tidak digunakan jika menggunakan api kompor, karena kipas ini hanya digunakan untuk membuat api semakin besar tergantung pada kebutuhan, dan terbuat dari bambu.

Taplak

TELAPAK

 

Alat ini memiliki fungsi untuk menutupi dan melindungi pembuat batik itu dari setetes malam dari canting.

Canting 

Canting

 

Alat ini adalah alat yang digunakan untuk membuat, menggambar dan melukis  dengan lilin malam ke kain tersebut. canting merupakan penentu nama batik yang akan dihasilkan menjadi batik gambar. alat ini terbuat dari campuran tembaga dan kayu atau bambu yang fleksibel  dan ringan.

Kemplogan 

Kemplogan

 


Kemplogan merupakan alat yan terbuat dari kayu yang berbentuk meja dan palu pemukul alat ini dipergunakan untuk menghaluskan kain sebelum di beri pola motif batik dan dibatik.


Itu lah beberapa alat yang dibutuhkan dan wajib ada dalam pembuatan batik. Terima kasih sobat.....
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motif Batik Nusa Tenggara Timur Indonesia Punya

Motif Batik Maluku Indonesia Punya