Motif Batik Nusa Tenggara Timur Indonesia Punya

Motif Batik Nusa tenggara


Daerah Nusa Tenggara juga memiliki batik dengan motif khasnya sendiri. Contohnya adalah batik Sasambo (Sasak Samawa Mbojo) yang dijadikan sebagai pakaian batik resmi lokal NTB. Di NTT, juga terdapat batik. Bahkan setiap pulaunya bisa menghasilkan batik dengan keunikan masing-masing. Pulau Sumba misalnya batik tenunnya khas dengan motif hewan. Pulau Rote khas dengan motif daunnya.




Batik NTT memiliki ciri khas. Bahkan, setiap pulau menghasilkan batik dengan keunikan masing-masing. Pulau Sumba misalnya batik tenunnya khas dengan motif hewan. Pulau Rote khas dengan motif daunnya. Sedangkan Pulau Timor khas dengan tenun sutra dan bordir.
Batik tenun buatan NTT masih mempertahankan pewarna alami, seperti akar mengkudu, kunyit, dan nila. Mereka menggunakan  air laut sebagai pengawet.


Kain tenun di daerah ini ternyata multi fungsi. Misalnya: 1). Sebagai busana sehari-hari untuk melindungi dan menutupi tubuh. 2). Sebagai busana yang dipakai dalam tari-tarian pada pesta/upacara adat. 3). Sebagai alat penghargaan dan pemberian perkawinan (mas kawin). 4). Sebagai alat penghargaan dan pemberian dalam acara kematian. 5). Fungsi hukum adat sbg denda adat utk mengembalikan keseimbangan sosial yang terganggu. 6). Dari segi ekonomi sebagai alat tukar.7). Sebagai prestise dalam strata sosial masyarakat. 8). Sebagai alat penghargaan kepada tamu yang datang (natoni).

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motif Batik Maluku Indonesia Punya

Alat Dalam Membuat Batik