Motif Batik Baru Lubuklinggau Unik

Batik Baru Lubuklinggau

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Lubuklinggau, dalam waktu dekat akan memasarkan kain songket motif durian khas Kota berjuluk Bumi Sebiduk Semare. Bahkan contoh kain songket yang masih dibuat akan dipasarkan, dan siap menembus pasar songket dikancah Sumatera Selatan maupun nasional.


Motif Batik Terbaru Lubuklingau
Batik Baru Lubuklinggau

 

Kain Songket dan selendang Motif Alam

Yang masih dikerjakan dari dua orang penenun asal Palembang, tinggal dilakukan tahapan penyelesaian di gedung Dekranasda Lubuklinggau.

Batik Tumbuhan

Kepala Disperindag Kota Lubuklinggau, Farida Aryani mengatakan, ide pembuatan kain songket motif  batik durian, muncul dari gagasan Ketua TPKK Yetti Oktarina. Dimana istri Walikota tersebut, menginginkan Lubuklinggau memiliki ciri khas pernak pernik yang motifnya berasal dari kota itu sendiri, untuk memperkenalkan ke daerah lainnya.

"Memilih motif durian karena Lubuklinggau dikenal dengan ciri khas buah itu, bahan kain songket yang dibuat juga berasal dari kain sutera dan benang emas, untuk waktu pengerjaannya diperkirakan selesai dalam jangka 15 hari.




Motif Batik Songket Lubuklinggau Punya Indonesia
Batik Songket

Ditambahkannya, kain songket yang sedemikian lamanya dibuat untuk satu helai membutuhkan waktu yang lama, sebab pembuatan motif batik durian tidak bisa asal dan harus teliti. Bahkan dalam pengerjaannya, penenun harus fokus agar motifnya tidak keliru atau melenceng dari gambar aslinya.

Untuk sehelai kain songket dan selendang motif durian, memiliki panjang mencapai dua meter dengan hiasan beragam.

"Untuk harga sehelainya belum kita tentukan, yang pasti akan kita produksi banyak dengan mengandalkan penenun binaan Dekranasda," katanya.

Bahkan program pembuatan kain songket motif durian, akan diperkenalkan kepada warga Lubuklinggau. Apabila masyarakat yang berminat ingin membuat, silahkan bergabung dan akan diberikan pelatihan oleh Expert yang sudah ditunjuk Pemerintah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motif Batik Nusa Tenggara Timur Indonesia Punya

Motif Batik Maluku Indonesia Punya

Alat Dalam Membuat Batik